Langsung ke konten utama

Pengembangan Pertanian Daerah Tropis

Indonesia merupakan negeri beriklim tropis. Sebuah iklim dimana secara geografis terletak di sekitar ekuator yang dibatasi oleh dua garis lintang 23.5 derajat Lintang Selatan dan 23.5 derajat Lintang Utara. Oleh sebab itu, hewan maupun tumbuhan yang hidup di daerah ini dinamakan tumbuhan tropis. Tumbuhan jenis ini membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak selama masa pertumbuhannya.

Salah satu contoh adalah buah Mangga Gedong Gincu. Tumbuhan ini memiliki nama lain mangifera indica yang termasuk dalam keluarga anacardiaceae. Jika melihat dari golongan spesiesnya, tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan berbunga. Mangga jenis ini memiliki berat dengan kisaran 200 - 300 gram dan merupakan kebanggaan petani mangga di daerah Jawa Barat.

Dalam perkembangannya, Mangga Gedong Gincu merupakan mangga yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Buah yang banyak dibudidayakan di daerah Majalengka, Cirebon, dan Indramayu ini juga terkenal terutama di negara Jepang, Cina, dan Saudi Arabia.

Mangga Gedong Gincu digemari masyarakat karena memiliki prospek pasar yang sangat bagus dengan harga jual yang tinggi. Mangga jenis ini dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian antara 0 - 500 meter di atas permukaan laut. Jika di daerah dataran tinggi pun Mangga ini bisa tumbuh dengan catatan curah hujan berkisar antara kurang lebih 100 mm per tahun pada bulan kering antara 3 - 6 bulan berturut-turut.

Di samping itu, penanaman Mangga jenis ini membutuhkan sinar matahari penuh. Artinya, sinar matahari yang bersinar cerah dan tak pernah diliputi kabut. Dalam perkembangan pertumbuhannya, tanaman buah ini membutuhkan pH tanah yang berkisar antara 5,5 - 6,5 dengan struktur tanah yang berpasir, lempung, atau lempung setengah berat. Juga, membutuhkan pengairan yang cukup dengan suhu optimum 24 - 27 derajat celcius.

Ketika panen atau pascapanen, Mangga Gedong Gincu memiliki bentuk buah yang sudah berisi padat, tangkai buah sudah mengering, kulit buah sudah tertutup lapisan lilin berwarna keputih-putihan, lentisel pada kulit buah lebih besar, dan bila dicelupkan ke dalam air akan tenggelam.

Mangga Gedong Gincu juga memiliki beberapa khasiat atau kandungan mineral yang sangat penting untuk kesehatan. Diantaranya adalah:
  1. Potasium, bermanfaat untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi,
  2. Zat besi, berguna untuk menurunkan gejala anemia (kurang darah),
  3. Selenium, berguna untuk melindungi dari serangan jantung, dan
  4. Kalsium, berguna untuk mengurangi gejala kekeroposan tulang (osteoporosis).
Jika diteliti lebih jauh, mungkin keempat elemen manfaat itulah yang membuat Mangga Gedong Gincu memiliki nilai tinggi di masyarakat. Sehingga, bisa dikatakan, Mangga Gedong Gincu sekilas seperti bukan Mangga biasa.

Secara keseluruhan, Mangga Gedong Gincu merupakan salah satu potensi pertanian tropika yang cukup unik. Cara penanaman yang cukup mudah dan beragam manfaat bisa menjadikannya inspirasi bagi petani-petani Mangga pada umumnya.

Komentar

  1. wah, Cirebon kota tercinta disebut-sebut
    :D
    mau mangga gak Nis tar aku bawain?
    di belakang rumahku jg ada pohon mangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu tinggal di Cirebon?
      Oh ya? Mau laaahhhh... :P

      Hapus
  2. Hay….. bannernya sudah saya pasang, visit back http://anaktimor-17.blogspot.com/p/banner-sahabat.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah, thanks yah udah visit.
      Aku pasti visit balik kok, tungguin aja.. :)

      Hapus

Posting Komentar

Thank you for your comment.

Postingan populer dari blog ini

Premonition or Deja Vu?

Manusia memiliki indera paling lengkap diantara semua makhluk yang Tuhan ciptakan. Tapi, diantara manusia-manusia itu ada yang memiliki 'bakat' lebih, yang tidak dimiliki manusia-manusia lainnya. Dan, bakat itu bisa bermacam-macam bentuknya. Salah satunya adalah penglihatan masa depan atau yang biasa disebut dengan premonition, yang terkadang memiliki pengertian rancu di masyarakat. Pengertian pastinya pun aku juga susah menemukannya. Aku hanya bisa menemukan artinya : pertanda.
Mungkin sudah banyak yang menulis tentang premonition ini. Tapi pastinya, premonition yang dialami mereka dan yang aku alami berbeda. Kenapa bisa berbeda? Pada dasarnya, sebenarnya, tiap-tiap manusia pasti pernah sekali waktu mengalaminya. Premonition mirip dengan mimpi. Jadi, mereka-mereka yang tidak menyadarinya akan menyangka bahwa apa yang baru saja dialaminya itu adalah bagian dari mimpi.
Premonition biasanya berkaitan dengan alam bawah sadar. Jika kalian pernah menonton film "Final Destination…

Donor Darah

Jiwa sosialku mungkin memang sudah tumbuh sejak aku masih remaja. Sejak dulu aku ingin sekali menyumbangkan darahku bagi siapapun yang membutuhkannya. Golongan darahku AB yang notabene-nya hanya recipien universal,  yang artinya golongan darah ini hanya bisa menerima donor darah dari golongan darah yang lainnya. Jadi, kecil kemungkinan golongan darah ini bisa disumbangkan kepada orang lain jika tidak benar-benar ada golongan darah yang sama yang juga sedang membutuhkannya. Tapi, it's okay-lah, menyumbangkan darah itu sehat dan merupakan tindakan mulia. Benar, kan?
Donor darah itu sama saja dengan memberikan sebagian darah yang ada di dalam tubuh kita untuk orang lain yang membutuhkan bantuan sumbangan darah. Sehingga, semakin banyak persediaan sebuah rumah sakit akan darah, maka akan semakin bagus, karena darah-darah itu nantinya akan sangat-sangat berguna sekali bagi pasien-pasien mereka. 
Adapun syarat-syarat umum seorang calon pendonor darah dan siapa mereka-mereka yang tidak dip…

Kapan Ini Berakhir?

Kapankah cobaan ini akan berakhir, Ya Allah. 
Awalnya, kupikir mudah menjalani hidup ini sendirian. Ternyata tidak. Memang, sekuat-kuatnya aku ketika tetap mencoba untuk tersenyum dan tertawa disaat aku ingin menangis, di titik itulah aku merasa sangat rapuh dan kecil. Aku tahu ini cobaan hidupku yang mahaberat, tapi aku tetap berusaha bertahan dan mencoba sekali lagi untuk kuat menghadapinya. 
Manusia seperti aku tidak didesain memiliki mental sekuat baja. Tapi kembali lagi, aku masih punya Allah yang bisa saja dengan mudah menjadikan mentalku yang biasa-biasa saja menjadi sebilah baja yang amat kuat. 
Saat ini, aku memang tengah memiliki masalah keuangan yang cukup serius, dimana aku sendiri tidak tahu kapan semua ini akan berakhir, atau atau bagaimana aku akan bisa menyelesaikannya hingga tanpa ada sisa sedikit pun. 
Ingin rasanya aku menangis (sekeras-kerasnya hingga aku merasa bahwa beban ini akan bisa lenyap dan musnah hanya dengan berteriak), dan berharap aku bisa memutar lagi …